Bisnis Internet

Bisnis Internet atau dikenal juga sebagai bisnis online sudah mulai menjamur beberapa tahun belakangan ini.  Fasilitas internet di Indonesia masih belum merata di Indonesia juga membuat bisnis internet berpusat di kota kota besar, terutama Jakarta. Meskipun tidak menutup kemungkinan daerah lain juga banyak yang mengembangkan bisnis jenis ini. Sebenarnya apa sih bisnis internet itu?

Bisnis internet ada banyak macamnya. Problem utama orang yang baru memulai bisnis internet biasanya adalah memilih jenis bisnis yang cocok. Terkadang sesudah meereka memilih satu jenis bisnis, dan melihat orang lain di bisnis yang lain juga berhasil, mereka akan ikut pindah ke bisnis tersebut. Itulah sebabnya banyak juga yang bilang bahwa bisnis ini terlalu susah untuk dijalankan dan tidak menghasilkan hasil yang cukup.
Jadi, sebelum anda memutuskan ingin berbisnis online, ada baiknya anda mengetahui beberapa jenis bisnis yang umum sekarang.

1. Bisnis Internet dengan menjual produk nyata.
Bisnis toko online ini sangat cocok jika anda sudah mempunyai usaha sendiri dan ingin mengembangkannya melalui internet. Meskipun tidak menutup kemungkinan, anda dapat menjualkan barang orang lain. The sky is the limit in this business. Jika anda kreatif, anda dapat menghasilkan banyak sekali income.
2. Bisnis Internet dengan menjadi Affiliate
Apa itu affiliate? Istilah keren nya ya partner bisnis. Umumnya dikenal sebagai makelar :) Bisnis ini sangat cocok bagi anda yang ingin memulai bisnis ini dan belum mempunyai produk sendiri. Bisnis ini memerlukan modal yang relatif sedikit, dan proses transaksi pada umumnya ditangani oleh perusahaan dimana kita menjadi affiliate.  Mulai dari pengiriman, pembayaran maupun retur jika ada barang yang rusak. Tugas kita hanya memasarkan saja dan mendapat komisi dari situ. Contohnya Amazon

3. MLM.
Yah MLM yang biasanya dijalankan secara offline pun sekarang mulai menjamur di internet. Prospeknya? Mungkin bagus mungkin tidak. Jika anda buka facebook sekarang ini maka anda akan melihat iklan di samping kanan yang dipenuhi oleh iklan MLM tersebut.

4. Menjual Ebook
Jika anda mempunyai suatu keahlian khusus yang akan sangat bermanfaat bagi orang lain, maka anda dapat membuat ebook dan menjualnya online. Ebook sekarang mulai disukai, karena biasanya relatif lebih murah dan dapt dikirim kapan saja dan dimana saja melalui email.

Dan masih banyak lagi jenis lain yang ada dan akan ada di internet. Tiap bisnis ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan asalkan anda fokus dan disiplin pada bisnis anda maka rupiah atau bahkan dollar dan euro pun dapat mengalir dengan lancar ke kantong anda.
Whatever you do here, just keep an open mind


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More