Tips Mengkilapkan Lantai

Lantai kusam ? Tidak menarik ?,  tenang ada cara mudah medah mengkilatkan lantai . Berikut tips untuk mengkilapkan lantai :
LANTAI SEMEN

1. Ampas Kelapa


Ampas kelapa menjadi bahan yang paling banyak digunakan untuk mengkilapkan lantai. Hal ini tidak lain karena ampas kelapa mudah diperoleh sebab hampir setiap hari kita menggunakannya sebagai bumbu masakan. Adapun caranya adalah dengan menggunakan ampas ini untuk mengepel lantai rumah.Taburkan ampas pada salah satu sudut ruangan, kemudian gosok menggunakan tangan atau kaki. Tekan dengan kuat sambil digosok secara acak. Anda bisa meminta bantuan anak Anda karena lantai yang terkena ampas ini akan menjadi licin dan membuat mereka serasa sedang bermain. Yang terpenting, selalu awasi mereka agar tidak terpeleset.Setelah seluruh lantai ruangan selesai digosok, anda bisa menyapunya untuk membersihkan sisa-sisa ampas tadi. Jangan bilas lantai dengan air karena kandungan minyak pada ampaslah yang digunakan untuk mengkilapkan lantai.

2. Serbuk Gergaji

Jika di sekitar Anda ada serbuk gergaji kayu, anda bisa menggunakannya sebagai pengganti ampas kelapa. Masukkan serbuk kayu ini pada sebuah ember kemudian teteskan beberapa sendok minyak tanah dan campur agar merata. Adapun cara mengaplikasikannya mirip seperti saat mengepel dengan ampas kelapa. Cuma jika anda menggunakan minyak tanah, lantai akan menghitam dan terlihat lebih cantik.

3. Lilin

Alternatif terakhir adalah mengepel lantai dengan lilin. Pertama-tama panaskan beberapa batang lilin agar mencair. Setelah lilin berubah menjadi cair, angkat wadah dari kompor. Tambahkan beberapa tetes minyak tanah. Terakhir, siramkan cairan lilin ini ke seluruh lantai dengan cepat dan merata. Hal ini agar lilin tidak terlanjur mengeras kembali. Adapun hasil dari teknik ini adalah lantai terlihat mengkilap dengan cepat, namun bersifat sementara. Sedangkan kedua teknik sebelumnya mampu menghasilkan tampilan lantai semen mengkilap yang permanen.


LANTAI MARMER

1. Amoniak

Amoniak merupakan pembersih yang bersifat basa dan cukup aman diterapkan pada lantai marmer jika digunakan seperlunya. Cairan pembersih yang bersifat basa atau alkali mampu mengelupas semua debu dan noda pada permukaan lantai marmer dengan lebih aman. Dalam membersihkan lantai marmer dengan amonia, gunakan campuran satu sendok amonia dengan 1k cangkir air, lalu usapkan pada bagian lantai yang terkena noda. Niscaya, noda akan lebih mudah terangkat tanpa merusak permukaan lantai. Hindari penggunaan bahan – bahan atau cairan pembersih yang mengandung asam, karena akan menimbulkan goresan pada permukaan lantai marmer.

2. Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida adalah jenis alkali lain yang cocok digunakan sebagai cairan pembersih permukaan marmer. Cairan ini ampuh mengelupas noda, terutama noda – noda yang bersifat asam. Cara menggunakannya cukup mudah, yakni dengan membasahi kain dengan sedikit Hidrogen Peroksida, kemudian gosokkan pada lantai yang terkena noda hingga bersih. Noda akan cepat terkelupas dan lantai menjadi bersih.

3. Deterjen cair

Deterjen cair yang biasa kita gunakan untuk mencuci pakaian, bisa juga kita fungsikan untuk membersihkan debu dan noda bandel pada permukaan marmer. Cukup campurkan seperempat sendok teh cairan deterjen ke dalam 1 cangkir air, kemudian celupkan kertas atau kain yang bersih dan usapkan kain tersebut pada permukaan yang terkena noda. Pastikan Anda menggunakan deterjen cair sesedikit mungkin agar tidak menimbulkan bekas pada permukaan marmer. Pastikan juga bahwa deterjen cair yang Anda gunakan tidak mengandung bleaching atau pemutih.

4. Baking Soda

Selain bahan – bahan kimia yang telah disebutkan di atas, Anda bisa juga membuat cairan pembersih dari campuran baking soda dengan air, dan buat campuran yang agak kental dengan tekstur yang menyerupai pasta. Baking soda juga termasuk jenis alkali, dan campuran baking soda dan air cukup ampuh dalam mengkilapkan dan membersihkan noda pada lantai, namun tidak terlalu abrasif sehingga tidak menimbulkan goresan.

5. Handuk kecil

Agar lebih optimal dalam membersihkan noda, gunakan handuk kecil sebagai pengganti kain. Handuk memiliki permukaan yang berserabut, sehingga bisa mengangkat kotoran lebih cepat. Selain itu, permukaan halus cukup lembut, sehingga tidak akan merusak permukaan lantai marmer.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More