Tips Alami Menyejukkan Rumah

Banyak orang yang berpendapat bahwa menyejukkan rumah tanpa menggunakan AC itu tidak mungkin . Namun ada cara alami untuk menyejukan ruangan rumah lebih sehat dan alami . Berikut tips nya
1. Mengeluarkan Udara Panas dan Memasukkan Udara Dingin
Hal yang paling mendasar untuk dilakukan dalam menjaga kesejukan udara di rumah tanpa AC adalah menjaganya supaya tidak terlalu banyak cahaya matahari yang masuk dan membuat udara dingin masuk pada saat malam hari. Pada siang hari, buka sedikit saja tirai, jendela, dan apapun yang dapat digunakan untuk mencegah sinar matahari masuk, khususnya dari sisi barat dan timur di rumah Anda. Bila Anda mempunyai teras, Anda dapat memasang sebuah penahan sinar atau tirai supaya terik cahaya matahari tidak bisa masuk ke dalam rumah.
2. Jendela
Pilihlah warna putih atau cerah di jendela atau aksesorisnya agar cahaya matahari dapat terpantul keluar hunian. Anda juga dapat menggunakan lapisan pemantul ke jendela agar sinar matahari yang masuk dapat berkurang. Biarkan hunian di malam hari terhubung dengan udara luar bila memungkinkan tanpa harus mempertaruhkan faktor keamanan. Pasalnya menutup jendela sebagai jalan keluar udara bebas dapat membatasi sirkulasi udara dan juga menyimpan panas di dalam rumah hunian.
3. Kipas Angin
Udara bergerak memiliki suhu yang lebih rendah dibandingkan udara yang diam. Tempatkan kipas angin pada malam hari di jendela agar udara sejuk bisa masuk ke dalam ruangan. Kipas angin di atap rumah juga dapat Anda gunakan
4. Kipas Angin Diubah Menjadi AC
Anda juga bisa membuat pendingin ruangan yang lebih ramah lingkungan dengan kipas angin. Caranya tempatkan botol air dingin atau sewadah bongkahan es di depan kipas angin.
5. Menemukan Sumber Panas
Cara yang lain untuk ditempuh selain mendinginkan rumah hunian adalah menemukan penyebab yang membuat rumah hunian Anda terasa gerah. Alat – alat rumah tangga bisanya dapat mengeluarkan panas berlebihan sehingga menyebabkan suhu ruangan menjadi meningkat tanpa disadari.Bila keluar rumah, matikan peralatan – peralatan listrik untuk mengurangi pemborosan dan mengeluarkan panas terus menerus dari perangkat bertenaga listrik yang sedang tidak digunakan. Bila Anda menghabiskan waktu lebih lama di rumah, coba gunakan peralatan yang menghasilkan panas ketika udara sedang tidak panas – panasnya.
6. Kelembaban
Cuci pakaian pada malam hari. Bila kamar mandi atau ruang cuci memilki ventilasi, bukalah ventilasi terebut. Atau Anda dapat membeli alat pengurang kelembaban
7. Lansekap
Ketika menata lansekap hunian, pepohonan sebaiknya digunakan di sekitar hunian. Jangan menebang pohon yang sudah ada di sekitar rumah, kecuali jika sangat terpaksa. Tanamlah pepohonan yang kokoh atau tanaman menjalar yang menyejukkan dinding di luar rumah. Jangan menggunakan batuan yang dapat menyerap panas seperti semen yang terlalu dekat dengan rumah.
8. Buat Kolam
Unsur air di dalam rumah hunian selain menambah keindahan juga dapat digunakan sebagai pendingin ruangan alami. Namun lebih baik jika Anda menanam rumput dan tumbuhan yang dapat menyerap panas.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More