Tips Menata Dapur Agar Tetap Bersih Dan Rapi

Untuk kegiatan masak-memasak sekaligus tempat untuk menyimpan makanan, tentu saja dapur menjadi rawan kotor dan berantakan. Kondisi dapur yang tidak bersih pastinya membuat kita jadi tidak nyaman untuk memasak. Apalagi buat kamu yang cukup banyak menghabiskan waktu di dapur untuk membuat beraneka masakan dan makanan untuk keluarga, dapur adalah kunci utama kebahagiaan yang wajib kamu rawat agar kondisinya tetap bersih dan rapi.
1. Selalu Membersihkan Bagian-Bagian Dapur
Melihat dapur yang kotor pasti akan membuat kita jengkel dan males . Padahal itu dapat diatasi dengan membersihkan nya sedikit demi sedikit disambi ketika kita memasak atau membuat sesuatu . Jangan biarkan semua peralatan masak yang kotor menumpuk di tempat cuci piring. Bersihkan satu demi satu setelah menggunakannya. Selain itu, sebelum menaruh berbagai peralatan masak, kamu juga bisa sekalian membersihkan tempat atau raknya agar bebas debu. Sebelum menata kembali dapur kamu, hal penting yang wajib dilakukan adalah membuat dapur bersih terlebih dahulu.
2. Mengganti Peralatan yang Rusak
Coba lihat disekeliling dapur apakan nampak da yang rusak atau sudah nampak usang. Jangan biarkan alat" tersebut menumpuk , selain tdak bisa di gunakan, itu juga bisa membuat dapur terkesan kotor.
3. Penggunaan Wadah Transparan
Untuk penempatan bumbu-bumbu, sangat disarankan untuk menggunakan wadah transparan supaya kamu nggak keliru ketika akan mengambilnya. Alternatif lain untuk membedakan bumbu adalah dengan penggunaan label yang ditempelkan pada wadah. Dengan begitu, saat kamu hendak mengambil bumbu, kamu tidak perlu melihat satu per satu isi wadah sehingga dapur tetap terjaga kerapiannya.
4. Tempatkan di Bagian yang Mudah Dijangkau
Ini salah satu hal yang sangat penting, ketika kita memasak, apalagi kita sedang terburu buru pastinya dapur akan heboh . Jadi lebih baik kalau memisahkan barang yang lebih sering dipakai dan menaruhnya di tempat yang sekiranya mudah untuk dijangkau.
5. Penempatan Sendok, Garpu, dan Pisau Terpisah
Tempatkan alat makan seperti sendok, garpu, sumpit, centong nasi atau sop dalam rak flat. Selain membuat kita mudah mencarinya, dapur akan terlihat lebih rapi.
6. Penataan Wadah Makanan
Kamu punya banyak stok cemilan dan kue kering? Supaya rapi, taruh berbagai cemilan kamu ke dalam wadah plastik atau toples dan atur penataannya di sebuah rak. Bedakan pula jenis wadahnya berdasarkan makanannya. Makanan kering atau kue-kue kering bisa kamu simpan di dalam toples. Sedangkan untuk kue basah, kamu bisa menyimpannya di wadah plastik. Atur posisinya sedemikian rupa agar tampilan dapur kamu menjadi sangat rapi sekaligus indah dilihat.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More